Senin, 30 Juli 2012

PHP


Apa Itu PHP?
Apasih PHP itu, dari hasil searching dan bertanya-tanya dengan teman banyak yang saya temui kepanjangan dari PHP adalah “PHP Hypertext Preprocessor” nah lho dalam kepanjangan PHP masih ada PHPnya bingung kan sama saya juga bingung hehehe,,, pertama saya pikir si RasmusLerdorf (penemu PHP) ini aneh-aneh aja ya bikin nama. Tapi ternyata itu semua ada alasannya pemirsa. Tapi katanya Wikipedia pada awalnya PHP itu kependekan dari “Personal Home Page”, namun seiring dengan perkembangan bahasa pemrograman PHP, kepanjangan PHP berubah menjadi sebuah singkatan recursive yaitu PHP : Hypertext Preprocessor. Nah apa lagi tu recursive…


Recursive artinya ada singkatan lagi di dalam kepanjangan. Makanya di dalam kepanjangan PHP masih ada lagi singkatan PHP, itu yang namanya recursive. Kalangan open source memang sering menggunakan metode singkatan seperti ini. Misalnya GNU (GNU is Not Unix).  Oke udah cukuplah bahas masalah kepanjangan. Langsung aja cekidot..
PHP merupakan suatu bahasa pemrograman yang difungsikan untuk membangun suatu website dinamis. PHP menyatu dengan kode HTML, maksudnya adalah beda kondisi. HTML digunakan sebagai pembangun atau pondasi dari kerangka layout web, sedangkan PHP difungsikan sebagai prosesnya sehingga dengan adanya PHP tersebut, sebuah web akan sangat mudah di-maintenance. PHP ini bersifat open source sehingga dapat dipakai secara cuma – cuma dan mampu lintas platform, yaitu dapat berjalan pada sistem operasi Windows maupun Linux. . PHP berjalan pada sisi server sehingga PHP disebut juga sebagai bahasa server side scripting. Artinya bahwa dalam setiap / untuk menjalankan PHP, wajib adanya web server. Nah bingung kan,? Oke begini gambarannya 

Secara garis besar bahasa pemrograman web terdiri dari dua macam. Yang pertama disebut dengan Client Side atau script yang dijalankan di komputer client dan yang kedua biasanya disebut dengan Server Side atau script yang dijalankan pada komputer server. Gampangnya begini, kalo Client Side adalah script atau perintah yang ditujukan pada komputer untuk dijalankan pada komputer milik orang yang mengakses web tersebut. Misalnya anda mengakses web site www.bingung.com. Apabila web site ini memiliki script client side yang berguna untuk menampilkan misalnya gambar logo milik web site ini maka yang menjalankan script tersebut adalah komputer kalian atau dengan kata lain browser kalian. Apabila script yang berguna untuk menampilkan gambar logo adalah bersifat server side maka pertama tama script tersebut akan diproses di server tempat web site tersebut berada (biasanya disebut dengan hosting), setelah diproses baru hasil pemrosesan tersebut akan dikirimkan pada client yang mengakses web site tersebut. Nah kira-kira begitu gambarannya.
Nach bahasa pemrograman yang termasuk dalam Client Side itu yang terkenal diantaranya Java Script, VBScript, sedangkan yang termasuk kedalam Server Side itu ada PHP, Ruby on Rail, JSP dll. Sekian sekilas tentang PHP. just enjoy and eat it... monggo..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar