Senin, 30 Juli 2012

Kemampuan PHP

Setelah kemarin memperkenalkan apa itu PHP sekarang akan mencoba menjelaskan mengenai kemampuan PHP, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa PHP merupakan bahasa pemrograman yang bersifat server side.  Jadi kira-kira apa ya kemampuan dari php ini? PHP memiliki kemampuan untuk membuat website. yaa memang
itu fungsi dasar php. Disini PHP tidak hanya mampu membuat website saja akan tetapi juga bisa membuat website dinamis atau dengan kata lain dapat berinteraksi dengan pengunjung website. contoh paling gampang dan yang sering dijumpai adalah online store dengan shopping chartnya  yang dimiliki oleh kebanyakan web site yang menjual produk atau yang biasa disebut ecommerce. Bagi anda yang pernah membeli barang di internet pasti pernah menggunakan shopping chart bukan,,


Proses yang biasanya dilakukan oleh user yang berbelanja menggunakan shopping chart adalah sbb: 

  • pembeli memilih barang maka secara otomatis shopping chart akan memasukkan data barang yang dipilih pembeli kek keranjag pembeli.
  • kemudian shopping chart akan menambahkan harga barang yang dipilih oleh user. untuk proses pengurangan harga barang biasanya dilakukan apabila user melakukan penghapusan data barang yang telah dipilih.
  • proses ini terus menerus dilakukan selama user terus memilih barang yang akan dibeli. biasanya untuk mengakhiti proses ini diilakukan dengan mengklik tombol checkout. apabila user mengklik tombol checkout maka shopping chart akan melakukan proses perhitungan total biaya yang harus dibayar oleh user.
nach PHP dapat digunakan untuk membuat shopping cart tersebut, keren kan. Pastilah kalian berpikir apakah hanya itu saja kemampuan dari bahasa PHP? Tentu saja jawabannya adalah tidak. Masih banyak hal-hal yang dapat dilakukan dengan bahasa pemrograman PHP. Saya berikan salah satu contoh penerapan dari bahasa PHP ini. Apakah kalian pernah mendengar WordPress? WordPress merupakan salah satu aplikasi blog yang cukup terkenal. WordPress ini juga dibuat dengan menggunakan PHP. Gimana keren kan PHP.

Keuntungan lainnya menggunakan PHP adalah program yang telah dibuat dapat berjalan pada banyak sistem operasi, contoh adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan UNIX. Hal ini biasanya disebut dengan cross platform program.

sekian sekilas kemampuan dari PHP. 

sumber : http://www.indrabt.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar