Jumat, 20 Juli 2012

Mengenal Java (1)


Hay Guy's pada postingan kali ini saya akan membeberkan sedikit pengetahuan saya tentang JAVA, walaupun sebenrnya saya baru kali ini menenal JAVA saat kuliah lanjutan di D4 ITB karena pada dasarnya saat D3 saya bukanlah orang IT jadi tidak begitu mengenal pemrograman. Saat D3 saya adalah orang Mekatronika jadi yang saya kenal hanyalah bahasa pemrograman assembly dan C itupun untuk aplikasi mikrokontroler. Yah walaupun sama-sama bahasa pemrograman tapi menurut saya itu cukup berbeda.
Oke langsung saja,,


#Sejarah Java
Pada awalnya sekelompok insunyur Sun yang dikomandoi oleh Patrick Naughton dan James Gosling ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer seperti cable TV Box, karena perangkat tersebut tidak memiliki  banyak memori maka bahasa harus berukuran kecil. dan karena manufaktur berbeda memilih prosesor berbeda pula maka bahasa harus bebas dari manufaktur.
Karena kebutuan yang seperti ini mengantarkan Tim yang memberi nama proyek ini dengan sebutan "Green" harus mempelajari implementasi Pascal yang sudah pernah dicoba.Niklaus Wirth,
pencipta bahasa Pascal telah merancang bahasa portabel yang menghasilkan intermediate code untuk mesin hipotesis. Mesin ini sering disebut dengan mesin maya (virtual machine).Kode ini kemudian dapat digunakan di sembarang mesin yang memiliki interpreter. Proyek Green menggunakan mesin maya untuk mengatasi isu utama tentang netral terhadap arsitektur mesin. Karena orang-orang di  Proyek Green berbasis C++ dan bukan Pascal maka kebanyyakan sintaks diambil dari C++. Pada awalnya bahasa ini diberi nama "Oak" oleh James Gosling. Namun karena nama Oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang telah ada sebelumnya, kemuudian SUN menggantinya dengan Java. Nama JAVA sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi yang kemudian tidak sengajan salah satu dari mereka menyebutkan kata JAVA yang mengandung arti asak biji kopi. Akhirnya mereka sepakat memberi nama bahasa pemrograman tersebut dengan nama Java dan logonya pun adalah secangkir kopi.

#Apa Itu Java?
Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OPP) dan Java juga dapat berjalan di berbagai Sistem Operasi. Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi desktop, web dll. Java juga disebut Development Ennvironment yang menyediakan banyak tools antara lain : compiler, interpreter, penyusun dokumentasi , paket kelas dsb.
Aplikasi dengan teknologi Java secara umum adalah aplikasi yang dapat dijalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment(JRE).

#Karakteristik Java
1. Sederhana
Bahasa pemrograman Java menggunakan sintaks mirip dengan C++ namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance.

2.Berorientasi objek (Object Oriented)
Java mengunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut

3. Dapat didistribusi dengan mudah
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.

4. Interpreter
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini  menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada  platform yang berbeda-beda.

5. Robust
Java mempuyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman. Jadi kalo ada error anda pasti dikasih tau errornya di mana dan errornya apa,, enakkan..hehe

6. Aman
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa  mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.

7. Architecture Neutral
Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.

8. PortabelSource code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.

9. Performance
Performance pada Java sering dikatakan kurang tinggi. Namun performance Java dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Inprise, Microsoft ataupun Symantec yang  menggunakan Just In Time Compilers (JIT).

10. Multithreaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.

11. Dinamis
Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa menggangu program yang menggunakan class tersebut.

Oke sekian dulu untuk part I, untuk selanjutnya akan di lanjutkan minggu depan terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan semoga minggu depan saya bisa memposting lanjutannya..
Luck!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar