Selasa, 31 Juli 2012

PHP : Membuat Hello World


Hallo World..!! Kali ini saya akan membagi ilmu pertama saya tentang menggunakan PHP, hal pertama yang sering dilakukan oleh setiap orang saat pertama kali belajar suatu bahasa pemrograman baru pasti adalah menampilkan Hello World. Nah ini sama seperti saat saya pertama kali diajari bahasa C pada saat semster 1 dulu. Karena saat ini saya juga baru berkenalan dengan si PHP maka saya juga wajib bisa menampilkan tulisan "Hello World" dengan PHP ini.

Next..!! langsung aja berikut langkah-langkahnya:
  • pertama buka notepad atau text editor kesayangan anda lalu karena ini PHP jadi pada bagian awal program wajib di tuliskan <?php dan di akhir di tuliskan <?
  • lalu diantara tulisan <?php dan <? inilah kita bisa menuliskan script program kita
  • untuk bisa menampilkan "Hello World" maka tuliskan echo "Hello World"; pada baris baru diantara <?php dan <?
  • Buat direktori atau folder baru di document root xampp yang terletak di c:\xampp\htdocs dengan nama terserah anda misalkan hello. sehingga direktori baru memiliki susunan sebagai berikut c:\xampp\htdocs\hello
Saran : jika nama direktori mengandung 2 kata atau lebih sebaiknya tidak          dipisahkan dengan spasi melainkan menggunakan tanda "_" , hal ini untuk memudahkan pemanggilan script PHP pada web browse
  • simpan file yang telah dibuat tadi ke dalam direktori latihan yang baru saja dibuat dengan  nama misalkan index.php atau dengan nama yang lain.
  • panggil script php yang baru saja dibuat dengan cara mengetikkan localhost/hello/index.php pada browser anda. 
  • dan jreng,,jreng,, jadilah tampilan Hello World di browser kamu.
  
Sekian beberapa ilmu dasar saya tentang PHP yang bisa saya bagi untuk saat ini, just enjoy and eat it! Terima Kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar