Sabtu, 14 Juli 2012

Dua Hari Penuh Semangat


#Hari Pertama
Tanggal 12 Juli 2012 adalah hari cukup istimewa karena pada hari ini adalah hari pertama saya dan 75 teman-teman seperjuangan saya untuk melakukan aktivitas di SEAMOLEC. Aktivitas ini di sebut Outbound kenapa Outbound karena outbound berarti  pembelajaran perilaku kepemimpinan dan menejemen di alam terbuka dan oleh karena itu tujuan dari dilakukannya aktivitas ini adalah untuk merubah kebiasaan buruk kita menjadi lebih baik.
Awalnya dari ke-75 orang tersebut di bagi 4 kelompok di mana ada kelompok
Kerbau, Matahari, Kuda dan Harimau, dan secara kebetulan saya tergabung di kelompok Matahari bersama ke-15 teman saya yang lain. Disini kita akan berjuang, berkompetisi untuk mendapatkan bintang dengan menyelesaikan tugas-tugas ataupun permainan indoor maupun outdoor yang di berikan oleh panitia. Untuk yang pertama kita di suruh untuk membuat yel-yel, seperti biasa kelompok tanpa yel-yel itu nggak seru. Nah disini kita semua berdiskusi dan bekerjasama membuat yel-yel yang  paling meriah dan paling bagus. Dari permainan ini ternyata kelompok saya mendapatkan juara ke-3. Yach lumayan lah masih masuk 3 besar hehe…
Di hari pertama ini kita hanya melakukan kegiatan indoor mulai dari menulis nama, tanggal lahir dan alamat dengan tangan kiri, beberapa pertanyaan logika maupun rasional, dan yang tidak kalah seru adalah pemberian materi dari pak Stanley yang mengajarkan kita semua untuk merubah kebiasaan buruk dan memotivasi kita semua untuk berubah,, berubah,, dan berubah dan tentunya berubah untuk menjadi lebih baik lagi. Inilah tujuan utama dari outbond ini. Di outbound ini kita semua wajib menjalankan tugas dan juga mengikuti game-game yang di berikan oleh panitia. Nah disini akan saya jabarkan tugas-tugas dan game-game yang kita jalani di 2 hari yang penuh semangat ini cekidot..
>>Tugas berjualan Bolpoin
Di hari pertama kita mendapatkan tugas untuk menjual bulpoin yang harga awalnya adalah 2 ribu kita disuruh menjual dengan harga semahal-mahalnya bisa 10rb, 20rb, 50rb, ato 100rb.. wooowww,, ini seperti mission impossible.. tapi ini harus kita lakukan. Akhirnya pada sore hari kita semua melunjur untuk berjualan di sekitar SEAMOLEC dan kampus UT. Untuk mempercepat penjualan kita membagi regu kecil yang mana satu regu beranggotakan 3 orang untuk berpencar mencari pelanggan. Dan setelah berpencar regu saya menemui 3 orang yang sedan duduk-duk santai di depan kantor sepertinya mereka mau pulang. Nach awalnya saya ragu saat ingin menawarkan bolpoin tersebut tapi apa salahnya di coba setelah saya tawarkan dengan harga 100rb dan beberapa ocehan layaknya pedagang. Akhirnya orang tersebut mau membeli bolpoin ini dengan harga 50rb tak usah pikir panjang langsung saja saya terima uang tersebut dan saya berikan bolpoin dagangan saya. Dari sini saya bisa memetik pelajaran berharga yaitu jangan bilang tidak mungkin kalau belum di coba.

#Hari Kedua
Di hari kedua ini ada kita mulai melakukan kegiatan outdoor ada beberapa game yang sangat seru disini oke langsung saja ya cekidot..

1.      1. Ranjau musuh
Ranjau musuh adalah game dimana kita harus bisa melewati lorong berbentuk persegi kira-kira lebar dan tingginya sekitar 0,5 m x 0,5 m dengan panjang sekitar +/- 7 meter dan disini kita harus melewati itu tanpa menyentuh dinding dan atap yang terbuat dari tali rafia jika tersentuh maka harus kembali. Ahaa disinilah keuntungan orang yang bertubuh kecil.. hehe,, tapi disini ketua kelompok berhak mengatur anggotanya yang melewati lorong tersebut apakah tubuhnya kurang kekiri atau kekanan atau merunduk. Disini peranan ketua sangatlah penting bagaimana bisa mengatur anggotanya untuk mencapai finish dengan selamat. Dan juga anggota harus bisa mempercayakan semuanya kepada ketua.

2.      2. Spider wap
Spider wap adalah game dimana kita harus melewati atau menyebrang melewati tali rafia yang sudah diikatkan di tiang net membentuk table 10x2 dengan ukuran masing-masing kotak antara 0,5 m x 0,5 m dan semua anggota harus menyebrang dari sisi belakang ke sisi depan melewati rintangan tersebut tanpa boleh menyentuh tali rafia tersebut. Dan disini kita harus menerapkan strategi untuk menyebrangkan satu persatu dari setiap anggota. Dan yang utama adalah kerjasama untuk mengangkat orang dan menyeberangkan melewati rintangan tersebut. Dan yang paling sulit adalah menyeberangkan orang yang pertama dan terakhir karena tidak ada orang yang membantu di sisi yang lain. Oleh karena itu kerjasama dan strategi yang pas akan membuahkan hasil yang maksimal.

3.      3. Menembus waktu
Menembus waktu adalah game dimana ada kotak 11x7 yang ada di lantai dan disini kita harus melewati kotak-kotak tersebut sesuai seperti di kotak-kotak yang di arsir pada gambar yang disediakan namun kita hanya di beri waktu 1 menit untuk menghafalkan gambar/kotak mana yang boleh di lewati. Ini melatih kita untuk bagaimana caranya mengingat sesuatu dalam waktu yang cepat. Tetapi disini anggota dari kelompok saya berhasil melakukannya walaupun ada beberapa yang harus mengulang.. hehe..

4.      4. Kelereng bambu
Kelereng bamboo maksutnya adalah kita harus menyusun bambu-bambu yang sudah di potong kira-kira berjumlah 9 buah dengan panjag kira-kira setengah meter dan disni setiap anggota bertanggung jawab atas satu potong bamboo. Disnini kita harus menyusun bamboo tersebut sebagai jalan untuk kelereng yang akan di gulirkan dari ujung ke ujung yang lain dan di ujung-nya di tempatkan pipa ukuran ½ “ agar kelereng yang di gelindingkan dari ujung satunya masuk ke pipa tersebut namun jarak antara ujung bambu dengan pipa minimal adalah 3 jari. Inilah tantangannya kita harus bisa menyesuaikan kecepatan kelereng dengan jarak pipa. Disini kita belajar untuk bisa focus dan percaya dengan orang lain karena setiap anggota memiliki tanggung jawab sendiri-sendiri.

5.      5. Pipa air
Nah kalo game yang satu ini saya sering tau tapi belum pernag melakukannya, yaitu pipa air jadi begini kita disediakan pipa kira-kira ukuran 3” dengan panjang sekitar 2,5 meter nach didalam pipa tersebut diisi bola plastik dan pipa tersebut juga terdapat banyak lubang. Tugas kita adalah mengisi pipa tersebut dengan air sampai bola plastik yang ada didalam pipa tersebut muncul ke permukaan artinya pipa tersebut harus penuh dengan air terlebih dahulu dan tantanganya adalah ada banyak lubang yang harus ditutup. Meskipun saya sering melihat (di tivi) saya belum tahu strategi yang pas untuk game ini dan apesnya kelompok saya mendapat giliran pertama,, tanpa persiapan yang matang kita harus lakukan ini. Oke akhirnya saya memutuskan untuk bertugas memasukkan air ke dalam pipa dan yang lain menutup lubang sementara ada tiga 4 prang lain yang bertugas mengambilkan air untuk saya dari danu. Karena pipanya cukup tinggi sehingga saya harus naik ke punggung teman saya dia bernama “Tulus”. Setelah peluit dibunyikan langsung saya menerima operan air dari teman saya yang ada di bawah langsung saya isikan ke pipa dengan cepat sampai airnya banyak yang tumpah. Setelah waktu yang di berikan hampir habis pipa tersebut tak juga penuh (sampai pegel tangan.. L). Sampai waktu berakhir pipa tersebut tak penuh juga dan akhirnya kita gagal dalam game ini.. setelah kita analisa ternyata ada beberapa kesalahan yang kita buat yang pertama adalah tak semua lubang tertutup ada beberapa yang loss dan saya terburu-buru memasukkan air sehingga tidak efektif dalam memasukkan air. Saya jadi merasa bersalah pada waktu itu. I’m sorry guys.. I’m really sorry to matahari group.

6.      6. Keseimbangan air
Di game selanjutnya masih juga mengenai air. Game ini dinamakan keseimbangan air di game ini ada area kotak sekitar 5x3 meter dan di dalam kotak tersebut ada sebuah ember besar dan kita harus mengisi penuh ember tersebut dengan ember kecil yang sudah di sediakan namaun dengan menggunakan 4 tali yang ada dan pemegang tali tersebut harus ada diluar kotak,, setelah mengikat tali ke ember kecil saya dan ketiga orang yang bertugas bersiap-sipa untuk mengisi ember yang besar tersebut. Setelah gagal di game sebelumnya saya merasa harus membayarnya di game ini. Setelah peluit dibunyikan kita langsung menyiapkan air dan menyeimbangkan ember kecil untuk mengisikannya ke ember besar namun kali ini kita lebih tenang tapi pasti, danakhirnya kami menjadi yang tercepat dari tim lain ini semua berkat ketenangan saat mengisi air jadi gak ada yang tumpah,, hehe,, sukseess,,

7.      7. Menyambung potensi
Akhirnya sampai juga di game terakhir,, namanya potensi diri jadi disini kita menyambung barang apapun yang kita miliki saat itu asalkan tidak sampai membuka baju sampai bugil,, contoh saya waktu itu ada sepatu, tali sepatu, slayer, celana training (pas make celana double) jadi apapun yang kita miliki kita sambung di masing-masing kelompok,, kelompok siapa yang paling panjang dialah yang menang. Setelah mengumpulkan semua yang kita miliki lalu kita sambung semuanya sampai panjang dan waktu itu sangat panas bangeeett,,, akhirnya setelah menyambung,, menyambung dan menyambung kelompok saya adalah yang paling panjang tapi ternyata juri melihat ada yang putus kira-kita 2 meter jadi kita kena pinalti jadinya kita jadi juara bersama dengan tim kerbau,, haduhhh,, udah seneng-seneng jadi yang paling panjang,, ternyata masih ada kesalahan,,yach,, it’s okay,, buffalo we are champion together in this game..

Nach itulah pengalaman berharga selama 2 hari yang penuh semangat..saya sangat bersyukur bisa ada disini dan saya sangat berterimakasih kepada SEAMOLEC yang telah membirikan kesempatan berharga ini dan terima kasih pak Stanley banyak ilmu yang saya dapatkan dari anda.
udah cukup sekian saya kira ,, capek coy nulis terus,, hehe,, oke sekian dari saya terimakasih udah baca dan mohon maaf jika ada yang tidak berkenan,, and gud luck,, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar