Kamis, 02 Agustus 2012

PJJ : Pendidikan Jarak jauh


#PJJ (Pendidikan Jarak Jauh)
PJJ (Pendidikan jarak Jauh) adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi informasi dan komunikasi, dan media lain.


#Perbedaan Pendidikan Tatap Muka dan Pendidikan Jarak Jauh

11. Dari Sisi Pengajar (Guru/Dosen)
Terdapat perbedaan antara pendidikan tatap muka dengan pendidikan jarak jauh dari sisi pengajar, perbedaan yang cukup mencolok adalah pastinya pengajar tidak perlu menjelaskan materi seperti pada pendidikan tatap muka, pengajar hanya perlu memberikan materi yang sudah harus disusun untuk dapat diterima dan dipelajari dengan mudah oleh mahasiswanya di tempat lain. Bisa berbentuk modul, e-book, video tutorial, dll.

22. Peserta Didik (Siswa/Mahasiswa)
Dari sisi peserta didik, peserta didik dapat belajar sewaktu-waktu tanpa di batasi oleh waktu dan dapat belajar dimana saja, namun disini peserta didik harus lebih aktif dan juga harus lebih kreatif dalam belajar karena peserta didik tidak dapat bertemu secara langsung kepada pengajar. Peserta didik juga bisa lebih bebas dalam belajar karena tidak mengikuti pengajar.

33. Bahan Ajar yang digunakan
Dari sisi bahan ajar pendidikan jarak jauh lebih banyak memiliki variasi dengan bahan ajar karena disini bisa menggunakan apa saja, mulai dari modul biasa yang dikirim lewat pos, maupun bahan ajar yang bersifat elektronik yang dapat dikirim melalui internet. Jadi kalau biasanya bahan ajar disampaikan secara lisan kini bisa melalui apapun dan ini akan lebih mempermudah peserta didik karena dapat mempelajarinya sewaktu-waktu.

#Kriteria yang dibutuhkan dari media pembelajaran
1.    Media harus bisa meningkatkan motivasi dari peserta didik untuk belajar
2.    Media yang baik harus bisa membuat peserta didik untuk aktif dalam memberikan tanggapan atau feedback
3.    Media harus mendorong peserta didik untuk dapat melakukan praktek dengan benar
4.    Media juga harus mudah dan dapat diakses dan juga dipahami oleh peserta didik dan juga pengajar
5.    Penggunaan media juga harus terencana agar tidak terjadi miss communication\
6.    Biaya murah, ini juga menjadi factor penting dalam terselenggaranya PJJ
7.    Media interaksi yang bisa berkomunikasi 2 arah
8.    Media juga harus mutakhir
9.    Kecepatan media
  .    Media harus mendapatkan dukungan dari semua unsur

#Faktor Pendukung
Yang menjadi factor pendukung perkembangan PJJ di Indonesia antara lain :
1.  Falsafah Belajar Seumur Hidup, falsafah tersebut sudah lama dikenal di dalam konsep pendidikan Indonesia.
2.  Education for All, dunia melihat pendidikan merupakan hak semua manusia. Pendidikan harus dejadikan sebagai kebutuhan pokok untuk mempertahankan dan meningkatkan mertabat manusia
3.  Teknologi pendidikan, pada awalnya berkembang untuk meningkatkan kemampuan mengajar para guru, namun saat ini teknologi pendidikan sudah memasuki inovasi pendidikan nasional

#Kendala
1.  Infrasuktur pendukung PJJ, dalam hal ini adalah infrastuktur IT didalam Permendikbud No.24 disebutkan bahwa dalam penyelenggaraan PJJ harus meenggunakan dan menggembangkan infrastuktur IT nah Indonesia hal ini menjadi kendala karena masih adanya daerah-daerah yang sulit mengakses internet.
2.  Pemahaman masyarakat tentang PJJ dan pemanfaatan IT sebagai sarana PJJ yang masih sangat kurang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar